Juni 25, 2024
Jangan Self Diagnose, Kenalit Tanda Kamu Butuh Bantuan Profesional

Dahulu, penyakit mental merupakan aib bagi masyarakat. Sehingga banyak diantaranya abai dengan gejala yang mereka alami, karena malu menceritakan ke orang lain dan malu dianggap memiliki penyakit mental yang memalukan. Padahal sakit mental juga sama pentingnya seperti sakit fisik untuk diobati. Saat ini, sudah banyak juga asuransi kesehatan yang telah menyediakan proteksi untuk kesehatan mental. Sehingga tidak perlu khawatir dengan biaya pengobatan dan konsultasi yang mahal, karena bisa terlindungi oleh asuransi.

Melansir dari situs kemenkes.go.id, Riset Kesehatan dasar (Riskesdas) tahun 2018, menunjukkan lebih dari 19 juta penduduk Indonesia yang berusia lebih dari 15 tahun mengalami gangguan mental emosional, dan lebih dari 12 juta penduduk Indonesia yang berusia lebih dari 15 tahun mengalami depresi. Angka tersebut cukup tinggi karena 20% dari populasi Indonesia atau 1 dari 5 penduduk memiliki potensial masalahgangguan jiwa. Angka tersebut setiap tahunnya mengalami peningkatan.

Orang dengan gangguan mental bisa berbahaya jika tidak segera ditangani oleh tenaga profesional, karena bisa melukai diri sendiri atau bahkan orang lain. Maka sebelum hal tersebut terjadi, ketahui tanda-tanda bahwa kesehatan mental kamu sedang tidak baik-baik saja dan segera cari bantuan tenaga profesional.

Tanda-Tanda Kamu Butuh Bantuan Profesional

Berikut ini adalah tanda-tanda kamu butuh bantuan profesional, yang dikutip dari kompas.com :

  • Merasakan keanehan saat kamu tidak dapat merasakan rasa bahagia, sedih, dan mudah tersinggung sepanjang waktu.
  • Merasakan kekhawatiran, rasa cemas, gugup, atau kewalahan hampir sepanjang waktu.
  • Mengalami pergulatan emosi yang dapat mengganggu hubungan dengan orang lain dan kemampuan dalam beraktivitas sperti biasanya.
  • Memiliki pikiran untuk menyakiti diri sendiri maupun orang lain
  • Merasakan rasa sedih yang berkepanjangan akibat suatu peristiwa yang mengejutkan, seperti kehilangan orang terdekat, dipecat, atau menderita penyakit tertentu.
  • Mengalami masalah gangguan makan dan atau merasa tidak percaya diri dengan bentuk tubuh.
  • Mengalami trauma akan pelecehan yang pernah dialami sehingga tidak mampu melupakan peristiwa tersebut.
  • Merasa sulit berkomunikasi secara efektif dengan orang lain.

Jenis-jenis Tenaga Profesional Kesehatan Mental

Tenaga bantuan profesional yang dibutuhkan juga beragam, sesuai dengan kebutuhan pasien. Berikut ini adalah berbagai jenis profesional yang bisa menjadi rujukan:

1. Psikiater

Psikiater adalah tenaga profesional kesehatan mental yang mengawali pendidikan di bidang kedokteran. Psikiater memiliki kompetensi untuk mendiagnosis, merawat, meresepkan obat dan membantu mereka yang memiliki masalah kesehatan mental, emosional, dan perilaku.

2. Psikolog

Berbeda dengan psikiater, psikolog tidak mengenyam pendidikan kedokteran terlebih dahulu. Psikolog khusus untuk mengatasi masalah perilaku, emosional, dan pikiran. Perbedaan dengan psikiater, psikolog tidak dapat meresepkan obat, mereka menangani masalah kesehatan mental tersebut dengan melakukan konseling. Psikolog juga bisa ditujukan untuk mengatasi masalah perilaku pada anak.

3. Konselor Pernikahan dan keluarga

Konselor atau terapis pernikahan dan keluarga merupukan tenaga profesional yang mengkhususkan layanan untuk masalah yang muncul dalam keluarga, baik untuk pasangan yang sudah menikah, individu maupun berkelompok.

Beberapa tenaga ahli lainnya seperti perawat psikiatri dan konselor masalah kecanduan juga merupakan para profesional yang membantu untuk menunjang pengobatan masalah gangguan mental.

Seperti pemaparan diatas, konselor sudah dibedakan sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Jangan mendiagnosis diri sendiri, hubungi segera bantuan profesional agar segera mendapatkan pertolongan.

Source:

https://health.kompas.com/read/2020/10/16/164600368/jangan-malu-ini-tanda-kita-butuh-bantuan-profesional-kesehatan-mental?page=all

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *