Juli 17, 2024
Jenis bintik hitam yang berbeda memerlukan perawatan yang berbeda, jadi

Bintik-bintik gelap atau hiperpigmentasi muncul karena berbagai alasan, mulai dari efek sinar matahari, kontrasepsi oral, ketidakseimbangan hormon, atau kehamilan yang disebut melasma.

Jenis bintik hitam yang berbeda memerlukan perawatan yang berbeda, kata Poorva Shah, dokter spesialis kulit dan kecantikan di India.

Oleh karena itu, sebelum upaya dilakukan untuk memudarkan bintik hitam atau hiperpigmentasi, diagnosis yang akurat sangat penting.

Jika memiliki bintik hitam bekas jerawat, yang disebut hiperpigmentasi pasca inflamasi atau PIH, maka inilah yang dapat dilakukan untuk membantu memudarkannya.

1.

Gunakan tabir surya Bintik-bintik gelap akan terus menjadi gelap bahkan dengan sedikit paparan sinar matahari setiap hari.

Oleh karena itu setidaknya untuk mencegahnya menjadi gelap, menggunakan tabir surya akan menjadi keharusan.

Pakai juga pelindung matahari tambahan seperti topi bertepi lebar atau payung.

2.

Agen pengelupasan Pengelupasan atau eksfoliator membantu merangsang pertumbuhan kulit baru dan merata di bawah lapisan atas sel kulit mati.

Tapi hati-hati dengan pengelupasan fisik terutama jika memiliki pigmentasi.

Itu bisa memperburuk pigmentasi.

Sebaliknya, pengelupasan kimia akan mengangkat sel-sel mati dan juga menghilangkan lapisan berat melanin di atas pigmentasi untuk mengungkapkan warna kulit yang lebih merata.

Asam glikolat, asam azelat, asam laktat, dan retinol adalah bahan pengelupas kimia yang sangat baik dan tersedia dalam berbagai kekuatan, kombinasi, dan formulasi.

Bicarakan dengan dokter kulit untuk mengetahui mana yang paling cocok.

3.

Krim dan serum depigmentasi Banyak agen depigmentasi hebat tersedia dalam bentuk krim dan serum.

Ini memecah pigmen dan mencegah lebih banyak pembentukan melanin.

Agen seperti arbutin, asam kojic, ekstrak licorice dan niacinamide memecah pigmentasi.

4.

Vitamin C Berfungsi sebagai antioksidan, vitamin C membantu mengurangi sintesis melanin yang berlebihan dengan membatasi kerusakan yang berkurang secara gratis, secara real time, ketika diterapkan pada kulit.

Penggunaan vitamin C topikal dalam waktu lama dapat membantu memudarkan bintik hitam.

Vitamin C oral adalah cara lain untuk mencerahkan kulit dan bintik hitam, dari dalam.

5.

Glutathione Antioksidan kuat lainnya bila dikonsumsi secara oral mampu mengurangi kerusakan akibat radikal bebas pada kulit dan memudarkan bintik hitam.

6.

Perawatan profesional Terutama perawatan Q-switched Laser adalah cara terbaik, teraman dan tercepat untuk memudarkan bintik hitam.

Laser adalah teknologi paling canggih yang tersedia saat ini yang dapat menghancurkan pigmentasi sepenuhnya tanpa merusak kulit di sekitarnya atau di atasnya.

Ini juga bebas dari efek samping jika dilakukan oleh dokter kulit yang berkualifikasi menggunakan mesin yang disetujui FDA AS.

Ini dapat memudarkan bintik-bintik dengan cepat dan hampir sepenuhnya tanpa downtime, menjadikannya mode perawatan yang efisien dan canggih.

Pengelupasan kimia juga dapat membantu mengurangi bintik hitam.

Penting untuk dicatat bahwa satu atau lebih jenis pigmentasi dapat muncul bersamaan pada kulit.

Juga, mungkin butuh perawatan lebih dari satu untuk memudarkan setiap atau berbagai jenis pigmentasi.

PINKVILLA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *